KREATIFITAS LEBIH UTAMA DARI KEPINTARAN...

Senin, 12 Juli 2010

PEDOMAN LOMBA KREASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ICT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2010 YANG DISELENGGARAKAN DITPAIS KEMENAG RI

Pengertian

Lomba tersebut adalah gambaran dari model pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning) dengan menggunakan madia pembelajaran sebagai alat bantu untuk mengoperasikan software pembelajarn PAI interaktif dan berbasis teknologi informasi, baik melalui media internet maupun audio visual.

Tujuan

Secara rinci tujuan dari kegiatan tersebut adalah :
  1. Memberikan motivasi kepada GPAI agar senantiasa berupaya meningkatkan mutu pembelajaran PAI melalui pengembangan berbagai model pembelajaran
  2. Memberikan penghargaan terhadap GPAI yang dinilai memiliki kompetensi dalam pengembangan berbagai model pembelajaran
  3. Meningkatkan mutu pembinaan terhadap GPAI yang dilakukan melalui pendekatan partisipatif

Target

  1. Tumbuhnya motivasi yang tinggi pada GPAI untuk senantiasa berupaya meningkatkan mutu pembelajaran PAI melalui pengembangan berbagai model pembelajaran
  2. Terjaringnya berbagai model pembelajaran PAI pada SD, SMP dan SMA/SMK, yang merupakan kreasi GPAI
  3. Terjadinya peningkatan mutu pembinaan terhadap guru-guru PAI yang dilakukan melaui pendekatan partisipatif

Peserta Lomba

Peserta lomba tersebut adalah guru PAI pada SD, SMP, dan SMA/SMK, baik negeri maupun swasta.

Persyaratan Peserta

  1. Berstatus Guru PAI pada SD, SMP, dan SMA/SMK, yang dibuktikan dengan surat Keterangan dari Kepala Sekolah
  2. Belum pernah menjadi juara tingkat nasional pada lomba serupa

Tahapan Lomba

Lomba tersebut dilaksanakan dalam beberapa tahap, meliputi :
1. Tahap I Penilaian Naskah
Setiap naskah akan dinilai berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan. Penilaian naskah dilaksanakan di masing-masing Kanwil Depag Provinsi. Melalui tahapan ini, ditetapkan 1 (satu) orang peserta terbaik pada masing-masing tingkatan dan berkah mengikuti Grand Final di Jakarta
2. Grand Final
Acara Grand Final lomba tersebut dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 4-8 Agustus 2010 diikuti oleh peserta terbaik dari masing-masing provinsi. Seluruh biaya lomba acara grand final termasuk transportasi dan akomodasi peserta menjadi tanggung jawab oanitia pusat. Setiap peserta akan tampil dalam 2 (dua) tahap yakni :
a. Presentasi naskah
b. Simulasi Pembelajaran

Naskah

1. Kriteria Naskah
Naskah lomba tersebut disusun secara naratif oleh guru yang bersangkutan, dengan memperhatikan :
a. Materi didasarkan pada standar isi PAI (Permendiknas No.22 tahun 2006)
b. Menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang berfokus pada keaktifan peserta didik
c. Menampilkan pola interaktif antara guru dan peserta didik
d. Menggunakan computer sebagai media pembelajaran
e. Model pembelajaran telah diaplikasikan di sekolah
2. Sistematika Penulisan Naskah
a. Daftar isi
b. Pendahuluan (Latar belakang, permasalahan, manfaat)
c. Nama model kreasi pembelajaran
d. Tujuan pembelajaran
e. Software/program yang digunakan
f. Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
g. Langkah-langkah pembelajaran
h. Menyertakan data pendukung, antara lain :
*Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
*Tanggapan peserta didik
*Hasil belajar PAI peserta didik
*Lain-lain informasi pendukung yang dianggap perlu

Pengiriman Naskah

  1. Naskah dikirim ke Kanwil Kementerian Agama Propinsi setempat dalam bentuk asli (bukan foto copy) rangkap 2 (dua) ke bidang Mapenda, dengan alamat Kanwil Kementerian Agama Propinsi setempat, selambat-lambatnya tanggal 1 Juli 2010 (cap pos).
  2. Bidang Mapenda Kanwil Depag Propinsi mengirimkan naskah terbaik masing-masing tingkatan, yakni: 1 (satu) naskah terbaik SD, 1 (satu) naskah terbaik SMP, dan 1 (satu) naskah terbaik SMA/SMK sampai ke panitia pusat selambat-lambatnya tanggal 19 Juli 2010 dengan alamat :
    Panitia Lomba Kreasi Model Pembelajaran PAI Berbasis ICT Tingkat Nasional pada Sekolah tahun 2010, Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Blok. A Lt. 7 Jakarta Pusat.
  3. Naskah yang dikirimkan ke panitia pusat tidak dikembalikan lagi dan menjadi milik panitia.
Kriteria Penilaian
1. Penilaian Naskah (dilaksanakan di Kanwil Depag Propinsi)
a. Sistematika penulisan
b. Kesesuain materi dengan judul
c. Kesesuai dan keragaman metode pembelajaran
d. Strategi dan langkah pembelajaran
e. Kekayaan materi/bahan ajar
f. Software/program yang digunakan
g. Ketepatan penulisan dan penggunaan ayat Al Qur`an dan Hadits
h. Penggunaan bahasa
i. Data dan informasi pendukung
2. Penilaian Presentasi (Grand Final di Jakarta)
a. Penampilan
b. Kesesuain penyajian materi dengan naskah
c. Penguasaan konsep
d. Penggunaan media
e. Penggunaan bahasa
f. Data dan informasi pendukung
g. Sistematika penyajian
h. Relevansi jawaban pertanyaan Tim juri
3. Penilaian Simulasi (Grand Final di Jakarta)
a. Penampilan
b. Penguasaan materi pembelajaran
c. Langkah-langkah pembelajaran
d. Penggunaan metode
e. Software/program yang digunakan
f. Pengelolaan kelas
g. Keaktifan peserta didik
h. Pembelajaran yang menyenangkan
i. Interaksi dalam pembelajaran

Hadiah Penghargaan Pemenang

Pemenang lomba kreasi model pembelajaran PAI Berbasis ICT pada SD, SMP, SMA/SMK tahun 2010 ini akan diberikan hadiah berupa piagam/sertifikat penghargaan dan uang pembinaan senilai tunai yang masing-masing besarnya sebagai berikut :
  1. Juara I menerima uang sebesar Rp. 12.500.000,-
  2. Juara II menerima uang sebesar Rp. 10.000.000,-
  3. Juara III menerima uang sebesar Rp. 8.000.000,-
  4. Harapan I menerima uang sebesar Rp. 6.500.000,-
  5. Harapan II menerima uang sebesar Rp. 5.000.000,-
  6. Harapan III menerima uang sebesar Rp. 3.000.000,-
Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Output

Sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, Lomba Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT tahun 2010 ini diharapkan dapat menentukan 6 orang guru PAI pada tiap tingkatan (SD, SMP dan SMA/SMK) sebagai juara lomba yang didasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan. Pelaksanaan lomba ini juga diharapkan mampu memotivasi para guru PAI di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dalam pengembangan berbagai model pembelajaran PAI berbasis ICT.
Panduan bagi Bidang Mapenda Kanwil Departemen Agama Provinsi
  1. Mensosialisasikan kegiatan Lomba Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT tingkat SD, SMP dan SMA/SMK
  2. Menghimpun naskah dari peserta Lomba Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT untuk semua tingkatan (SD, SMP, SMA/SMK)
  3. Melakukan seleksi terhadap naskah yang masuk dari masing-masing tingkatan dengan cara :
  • a. Membentuk tim juri/penilai naskah yang berjumlah 3 (tiga) orang terdiri dari akademisi, praktisi dan ahli pembelajaran PAI.
  • b. Menilai semua naskah lomba berdasarkan kriteria penilaian naskah yang ditetapkan pleh panitia pusat.
  • c. Menetapkan naskah terbaik tingkat provinsi pada masing-masing tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.
4. Mengirimkan satu naskah terbaik dari masing-masing tingkatan (SD, SMP dan SMA/SMK) kepada Panitia Lomba Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT Tingkat Nasional Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, dengan alamat : Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta Pusat, selambat-lambatnya sampai tanggal 19 Juli 2010.
Hal-hal lain yang belum tercantum dalam panduan ini dapat dikomunikasikan lebih lanjut dengan panitia pusat dengan kontak person : Hj. Siti Fauziah, SE, MSi (081317142458), Dr. Alfian Lubis, MA (08121845584) dan Dr. H. Abd. Adhim, MA (081386121219)
Informasi ini dikutip dari situs resmi kementerian agama direktorat pendidikan agama Islam

Jumat, 02 Juli 2010

LAGU MUKTAMAR 1 ABAD MUHAMMADIYAH

MUKTAMAR MUHAMMADIYAH 1 ABAD
Lagu : Dwiki Darmawan
Syair: Din Syamsuddin

Seabad gerak waktu
Sang Surya bersinar selalu
dalam berkat rahmatMu
cerahi peradaban mutu

Jutaan insan bersatu
ribuan amal berpadu
dalam lingkar syahadat
bawa Islam penuh rahmat

Ke Jogja kita kembali
Abad kedua kita mulai
tekad membaja di hati
walau jalan mendaki

Ayo bergandengan tangan
hadapi sgala tantangan
gerakkan lasykar zaman
jayalah masa depan

Muhammadiyah satu abad
saat kita bergembira
atas segala nikmat
cabang ranting semua bersua